Melihat Kembali Pesona Game Harvest Moon Friends of Mineral Town

Kabar Aksara – Orang bilang kalau Harvest Moon adalah game yang bikin nostalgia. Bagi kamu yang pernah merasakan bagaimana serunya bertani, mengumpulkan uang, menikahi gadis desa, pasti sudah tidak asing dengan game serial Harvest Moon.

Namun, kali ini saya tidak akan membahas game yang kamu maksud (Harvest Moon Back to Nature) karena sudah banyak yang bahas.

Saya akan membahas sedikit tentang seri Harvest Moon Friends of Mineral Town versi Game Boy Advance (GBA).

Pada dasarnya, Harvest Moon Friends of Mineral Town memiliki misi utama, yaitu merawat kembali kebun dan peternakan seorang kakek yang telah lama meninggal. Sehingga tidak ada yang mengurus kebun dan peternakan tersebut.

harvest moon friends of mineral town
Harvest Moon Friends of Mineral Town (Sumber: The Harvest Moon Wiki)

Berikut adalah review game Harvest Moon Friends of Mineral Town berdasarkan pengalaman saya bermain game ini.

Informasi Dasar Game Harvest Moon Friends of Mineral Town

Judul: Harvest Moon Friends of Mineral Town
Developer: Marvelous Interactive
Publisher: Natsume, Marvelous, Nintendo
Rilis awal: 2003
Platform: Game Boy Advance (GBA)
Genre: simulasi

Alur Cerita Harvest Moon Friends of Mineral Town

Game ini bercerita tentang seorang anak bernama Pete (nama bisa dikustom) yang diamanahkan menjaga kebun seorang kakek yang telah lama meninggal.

Pete tinggal di sebuah kota bersama keluarganya. Suatu hari, mereka pergi liburan. Namun, Pete justru tersesat di sebuah tempat bernama Mineral Town.

Saat itu Pete ditemukan oleh seorang kakek yang tinggal di kota tersebut. Kakek itu pun mengambil ponsel Pete dan menelpon orang tuanya.

Agar Pete tidak bosan. Si Kakek mempersilakan dia bermain di sekitar kebun tersebut. Pete tampak senang bermain dengan sapi, ayam, dan hewan ternak lainnya.

Karena kelelahan, Pete pergi di sebuah taman di dekat gunung. Tibalah anak perempuan yang mendekati Pete. Pete akhirnya senang karena di tempat itu ternyata ia punya teman sebaya untuk diajak bermain.

Hingga akhirnya kedua orang tua Pete datang menjemput.  Si kakek berharap ia bisa saling bertukar surat suatu hari nanti. Anak perempuan itu juga meminta janji kepada Pete agar bisa kembali lagi di Mineral Town untuk jalan-jalan.

Beberapa tahun kemudian, Pete sudah tidak pernah menerima surat dari kakek itu. Hingga akhirnya ia menuju Mineral Town hanya sekadar berkunjung kembali ke tempat tersebut.

Lalu, datang Thomas, Mayor (walikota) Mineral Town memberi tahu Pete bahwa kakek itu sudah lama meninggal. Namun, Thomas tidak tahu siapa yang dimaksud dengan Pete di surat yang didapat dari kakek itu.

Pete pun menjelaskan kalau dia adalah orang yang dimaksud kakek itu. Di dalam surat itu tertulis kalau ia meminta Pete agar merawat kebun dan peternakan kakek itu agar seperti sedia kala.

Karena surat wasiat itu dianggap penting, Pete akhirnya memutuskan menetap di Mineral Town. Thomas memperkenalkan Pete sama penduduk lain dan mereka ternyata ramah-ramah.

Demikian seterusnya hingga Pete dipersilakan pemain untuk memainkan karakternya mengeksplorasi semua yang ada di game tersebut.

Sebenarnya ada banyak cerita di dalamnya, tapi saya hanya menjelaskan garis besarnya saja supaya tidak terlalu melebar pembahasannya.

Apakah Pete bisa sukses merawat kebun dan peternakan yang diwariskan itu? Kamu yang bisa menentukannya dengan memainkan game tersebut.

Gameplay Harvest Moon Friends of Mineral Town

Secara keseluruhan, misi utama Harvest Moon Friends of Mineral Town adalah merawat kebun dan peternakan, menambang, dan berinteraksi dengan penduduk sekitar.

Selain itu, kamu juga bisa menikahi salah satu gadis yang ada di Mineral Town. Gadis tersebut adalah Ann, Elli, Karen, Mary, dan Popuri.

Setiap tahun ada event atau acara yang bisa diikuti. Biasanya event-event tersebut bisa memberikan hadiah kalau pemain bisa memenangkan lomba di acara tersebut.

Untuk bisa beraktivitas secara efisien, kamu bisa meng-upgrade tools yang ada agar levelnya naik. Kamu bisa ke tukang pandai besi Saibara.

Pandai besi itu bisa mengupgrade tools dengan memberikan uang (Gold) dan ore yang dibutuhkan.

Tools tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan menambang. Jadi, sumber penghasilan bukan Cuma dari hasil kebun dan ternak, tetapi juga dari ore yang diperoleh dari tambang tersebut.

Karena HM-FoMT adalah game simulasi, maka waktu yang diperlukan untuk menamatkannya kadang butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Visual dan Gaya Permainan Harvest Moon Friends of Mineral Town

Harvest Moon Friends of Mineral Town merupakan game yang bergaya visual piksel. Walaupun begitu, game ini kadang membuat saya tidak berhenti main karena keasikan.

Secara tampilan, game ini sangat sederhana dibanding game-game lain. Tidak ada tampilan yang terlalu mewah. Karena tampilannya yang sederhana, game ini tidak menyulitkan pemainnya untuk bermain.

Audio dan Musik Game Harvest Moon Friends of Mineral Town

Bagian ini yang paling banyak sisi nostalgianya. Game ini memiliki musik yang berbeda tiap musim. Dan yang paling ikonik adalah musik saat Pete berada di daerah pusat kota.

Saat larut malam tiba, suasana malam lebih terasa lagi saat efek suara angin dan lolongan anjing muncul. Seolah-olah audionya itu menyuruh kita untuk buru-buru pulang ke rumah dan tidur. Itu sih yang saya rasakan.

Review Game Harvest Moon Friends of Mineral Town

Berikut adalah review dan penilaian pribadi saya terhadap game Harvest Moon Friends of Mineral Town. Sebelum saya memberikan penilaian, saya mau kasih tau kalau penilaian ini sifatnya hanya pribadi.

Jadi, kalau misal ada yang berbeda pendapat, kita bisa diskusikan lewat kolom komentar  yang ada di bawah.

Kenyamanan bermain

Nilai: 80

Alasan: Dengan tampilannya yang sederhana, saya tidak terlalu pusing dengan mekanik gamenya.

Namun, kadang saya harus lihat walkthrought karena tidak semua di dalam game dijelaskan. Misal, cara mendapatkan Power berry.

Kesan pertama

Nilai: 95

Alasan: Saat mendengar musik opening-nya, saya langsung teringat dengan Harvest Moon Back to Nature.

Pesan yang bisa dipetik

Nilai: 80

Alasan: Yang saya tangkap dari game ini adalah bahwa kita tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi ada orang lain yang juga butuh bantuan kita. Sosialisasi adalah kunci yang paling penting di game ini.

Keseluruhan

Nilai keseluruhan: A- (Mantap)

Konklusi

Harvest Moon Friends of Mineral Town merupakan versi mini dari versi Back to Nature. Jadi, HP kamu tidak terlalu mengambil banyak ruang kalau di-download.

Banyak hal yang bisa dilakukan dari game ini, seperti menanam, beternak, berinteraksi dengan penduduk lain, bertambang, dan menikahi salah satu gadis di Mineral Town.

Demikian review game Harvest Moon Friends of Mineral Town dari saya.

Kalau ada saran dan masukan, kamu bisa coret-coret di kolom komentar di bawah. Nanti kita bisa diskusi bareng. Terima kasih sudah mampir.***

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url