5 Cara Agar Rajin Membaca Buku

Kabar Aksara - Buku adalah jendela dunia. Ya, kata-kata itu sering didengar sejak masih sekolah. Bagaimana tidak, buku berisi tentang berbagai kenyataan yang ada di dunia ini.

Orang yang berasal dari Indonesia akan menulis buku yang berhubungan dengan Indonesia, seperti lingkungannya, orang-orangnya, dan lain sebagainya. Demikian juga dengan orang dari negara-negara lain.

Tidak hanya itu, buku dapat menuntun kita menuju kehidupan yang lebih baik. Misal, ketika kita membaca buku tentang pengembangan diri, secara otomatis kita jadi termotivasi dari hal yang disampaikan buku tersebut.

Sama halnya ketika kita membaca buku novel. Secara langsung atau tidak langsung kita ikut hanyut dalam cerita di dalamnya sehingga novel yang dibaca dapat lebih dicintai.

cara agar rajin membaca buku

Alasan Kamu Harus Rajin Membaca Buku

Tidak bisa dipungkiri, buku dapat membawa perubahan besar dalam diri kita. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, buku dapat menjadi jembatan bagi kita untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya.

Selain itu, orang yang rajin membaca buku cenderung lebih berwawasan dari pada orang yang malas membaca.

Apa kamu tipe orang yang suka baca buku? 

Cara Agar Rajin Baca Buku

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar lebih rajin membaca buku.

Pilih Buku yang Dirasa Paling Disukai

Seseorang akan senang terhadap sesuatu yang lebih disukai. Oleh karena itu, coba mulai “pdkt” sama buku yang lebih kamu sukai.

Tidak mesti buku yang bertema serius, kamu juga bisa membaca buku yang bergenre fiksi kayak novel, buku antologi puisi, atau buku sejenis lainnya.

Dengan begitu, kamu akan jatuh cinta dengan yang namanya buku.

Mulai Membiasakan Diri Membaca Buku

Setelah menemukan buku yang disuka, kamu mesti membiasakan diri membaca buku. Dengan membiasakan diri membaca buku, kamu akan merasa gelisah saat pada hari tertentu kamu tidak membaca buku.

Tips ini cocok bagi kamu yang baru pertama kali membiasakan diri dengan kegiatan membaca rutin. Oleh karena itu, mulai dari sekarang dan jangan ditunda-tunda. Siap?

Lakukan Secara Berulang

Masih berhubungan degan penjelasan sebelumnya, kamu harus lakukan kebiasaan membaca buku secara berulang. 

Tidak usah terlalu dipaksa jika kamu tidak mampu membaca buku setiap hari. Cukup sisihkan beberapa menit, yaa sekitar 20-30 menit.

Lakukan hal tersebut secara teratur, mau tiga kali per pekan, empat kali, atau mungkin setiap hari jika kamu sudah jatuh cinta dengan buku.

Buat Waktu Khusus untuk Membaca

Agar waktumu lebih teratur, buatlah jadwal khusus membaca buku. Kamu bisa membuat pengingat di HP agar tidak lupa saat jadwal membaca buku dimulai.

Jadi, luangkan waktu untuk membaca walau tidak sampai satu jam. Dengan begitu, kamu bisa lebih tertib membaca buku sekaligus memberikan dampak positif bagi kualitas waktu.

Buat Tantangan Membaca Buku dalam Jangka Waktu Tertentu

Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu suka dengan tantangan. Tes diri kamu dengan membuat tantangan membaca buku selama beberapa hari secara berkesinambungan atau tanpa putus.

Awal-awal memang kamu merasa agak kewalahan. Namun, lambat laun tantangan tersebut akan terasa lebih menyenangkan jika dikerjakan secara berkelanjutan. 

Oleh karena itu, coba tantang diri kamu membaca buku selama waktu tertentu. Bisa selama sepekan, sebulan, atau bahkan  bisa buat target membaca buku selama setahun penuh jika memungkinkan.

Penutup

Demikian cara agar rajin membaca buku yang bisa kamu terapkan. 

Catatan tambahan, hendaknya kamu ingat intisari buku yang telah dibaca. Sebab, percuma kalau kita selesai baca tapi tidak ada yang bisa ditangkap dari isi buku tersebut.

Oh iya, jadikan kegiatan membaca buku sebagai suatu hal yang menyenangkan, bukan karena terpaksa atau hal lain yang mengharuskan kamu membaca buku.

Kalau masih ada yang perlu kita bahas, kamu bisa coret-coret kolom komentar di bawah ini.***

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url