Begini Rasanya Jadi Pengacara? Review Game Phoenix Wright: Ace Attorney

Review game Phoenix Wright: Ace Attorney – Mungkin kamu banyak menemui game yang bertema misteri detektif seperti Criminal Case dan lain sebagainya.

Namun, apa kamu pernah main game yang isinya tentang perjalanan seorang pengacara?

Phoenix Wright: Ace Attorney adalah game bergenre visual novel yang tujuan utamanya adalah memecahkan suatu kasus dengan perspektif sebagai seorang pengacara.

Berbeda dengan game detektif yang tujuannya menemukan tersangka, Phoenix Wright: Ace Attorney justru bertujuan membuktikan bahwa tertuduh atau terdakwa dinyatakan tidak bersalah oleh hakim.

Seperti apakah game Phoenix Wright: Ace Attorney ini? Berikut adalah review game Phoenix Wright: Ace Attorney.

 

review game phoenix wright: ace attorney
Review game Phoenix Wright: Ace Attorney

Informasi Dasar Game Phoenix Wright: Ace Attorney

Judul: Phoenix Wright: Ace Attorney
Developer: Capcom
Publisher: Capcom
Rilis: 12 Oktober 2001
Platform: Nintendo DS, Nintendo 3DS, Switch, PS4, PC, iOS, dan Android
Genre: Visual Novel

Sinopsis Game Phoenix Wright: Ace Attorney (Santai, bukan spoiler!)

Game Phoenix Wright: Ace Attorney menceritakan tentang perjalanan seorang pengacara yang melindungi kliennya dari tuduhan palsu (turnabout) di berbagai kasus. Intinya, game ini tentang seberapa kuat barang bukti yang dimiliki untuk membuktikan bahwa terdakwa sebenarnya tidak bersalah.

Tidak hanya sendiri, Phoenix Wright ditemani beberapa karakter cerita lain seperti Mia Fey (mentor Phoenix Wright), Maya Fey (Adik Mia Fey), Miles Edgeworth (jaksa/penuntut), dan Ema Skye (perempuan yang sedang belajar forensik).

Secara keseluruhan, terdapat lima episode dalam game Phoenix Wright:  Ace Attorney. Setiap game mewakili setiap kasus yang akan dipecahkan sekaligus membuktikan bahwa klien kita tidak bersalah atas tuduhan yang diberikan.

Namun, ada satu kasus utama yang harus dipecahkan dalam game ini. Sedangkan, beberapa kasus lain hanya berlaku sebagai kasus pendukung cerita.

Kasus utama tersebut adalah misteri kematian Gregory Edgeworth, ayah seorang jaksa, yang tercatat dalam berkas DL-6 pada lima belas tahun lalu. Kasus tersebut melibatkan Miles Edgeworth, teman Phoenix Wright saat masih sekolah, serta mentornya sendiri yaitu Mia Fey.

Bagaimanakah usaha Phoenix Wright agar dapat memecahkan kasus DL-6 tersebut dan membuktikan bahwa klien-kliennya dinyatakan tidak bersalah?

Gameplay Phoenix Wright: Ace Attorney

Tidak seperti game visual novel lainnya yang hanya berdialog dan menentukan pilihan, Phoenix Wright: Ace Attorney memiliki gameplay yang cukup unik, tapi simpel. Cukup kumpulkan barang bukti (evidence), wawancarai saksi (witness), dan tunjukkan semuanya kepada hakim di ruang sidang.

Latar utama di game ini adalah di ruang sidang, sedangkan selama investigasi akan diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi TKP untuk mengumpulkan barang bukti dan bertanya dengan saksi yang terkait.

Walaupun kita bisa ikut menginvestigasi TKP, terkadang dalam beberapa situasi, pemain tidak begitu bebas menginvestigasi TKP sampai ada izin dari dewan kepolisian di game tersebut.

Tampak seperti membosankan? Silakan mainkan sendiri gamenya. Saya sudah coba.

Visual dan Gaya Permainan Phoenix Phoenix Wright: Ace Attorney

Seperti yang telah dijelaskan di awal, game Phoenix Wright ini bergenre visual novel. Kebanyakan game visual novel menyajikan cerita tentang “cinta-cintaan”. Namun, di game ini justru tidak ada unsur yang demikian. Ini yang membuat saya suka dengan game ini, tidak klise dan unik.

Animasi atau sprite yang ditampilkan tidak monoton. Game ini memberikan kesan animasi yang dinamis sehingga orang yang memainkan game tersebut tidak merasa bosan.

Selain itu, Capcom memberikan kesan komedi dalam game tersebut sehingga dapat menambah ketertarikan pemain pada game tersebut. Dengan catatan, kamu mesti paham bahasa Inggris.

Kesan Saya Sama Game Phoenix Phoenix Wright: Ace Attorney

Satu hal yang paling saya suka sama game Phoenix Wright: Ace Attorney adalah ceritanya tidak membosankan. Justru di tengah-tengah cerita, game ini memberikan kejutan yang tidak diduga-duga. Saya tidak mau kasih tau kejutan apa yang dimaksud. Pokoknya mainkan saja dulu.

Gameplay yang diberikan juga tidak begitu monoton menurut saya. Walaupun, kadang saya harus buka kamus karena banyak istilah-istilah hukum yang kurang familiar di telinga.

Hal yang saya juga suka adalah karakter-karakternya punya ekspresi yang dinamis, tidak seperti visual novel pada umumnya yang hanya menampilkan karakter dengan pose dan ekspresi yang statis atau tidak berubah-berubah.

Game ini memberikan pesan bahwa satu-satunya hal yang dapat menyelesaikan masalah adalah saling percaya satu sama lain. Di awal-awal saya masih merasa curiga sama klien sendiri.

Namun, setelah berjalannya cerita di game tersebut dan bukti terkumpul satu-satu, semuanya mulai terungkap soal kebenaran kasus yang dihadapi.

Penilaian Pribadi

Berikut adalah penilaian pribadi saya terhadap game Phoenix Wright: Ace Attorney. Sebelum saya memberikan penilaian, saya mau kasih tau kalau penilaian ini sifatnya hanya pribadi (kelihatan dari subjudulnya).

Jadi, kalau misal ada yang berbeda pendapat, kita bisa diskusikan lewat kolom komentar  yang ada di bawah.

Kebutuhan/kenyamanan bermain

Nilai: 95

Alasan: Saya suka game ini karena bisa dimainkan dengan santai, walaupun sedikit kesulitan sama beberapa istilah hukum di game ini.

Kesan pertama

Nilai: 97

Alasan: Game ini memulai permainnya dengan sebuah cutscene. Saya suka sama pembukaan yang satu ini.

Pesan yang bisa dipetik

Nilai: 100

Alasan: Saya suka sama karakter Wright yang sangat ideal dan optimis dengan kliennya, selama ia bisa membuktikannya dengan barang bukti.

Keseluruhan

Nilai keseluruhan: A (sangat direkomendasikan)

Konklusi

Game ini saya sangat rekomendasikan bagi kamu yang suka dengan game story basic, namun tidak terlalu berat.

Capcom memang jago soal urusan game berseri seperti Resident Evil dan lain sebagainya. Dia jago membuat cerita di dalam game menjadi terasa lebih hidup.

Sebenarnya game Phoenix Wright: Ace Attorney adalah salah satu dari seri game Phoenix Wright: Ace Attorney Trilogy selain Phoenix Wright: Ace Attorney Justice For All dan Phoenix Wright: Ace Attorney Trial and Tribulation.

Jika kamu penasaran sama game ini, kamu bisa download di Play Store atau App Store jika ingin bermain di versi Android dan iOS.

Namun, kamu juga bisa dapatkan rom gamenya di situs-situs rom game kalau mau main yang versi NDS. Kamu bisa pakai emulator NDS seperti Drastic.

Demikian review game Phoenix Wright: Ace Attorney dari saya. Kalau ada saran dan masukan, kamu bisa coret-coret di kolom komentar di bawah. Nanti kita bisa diskusi bareng.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url