Ketika Mahasiswa Butuh Penghasilan Tambahan dari Internet, Adakah Solusinya?

Menjadi seorang mahasiswa bisa dibilang susah-susah gampang. Ada banyak kewajiban yang harus dipenuhi agar bisa berjalan dengan lancar. Misal, mengerjakan tugas kuliah, mengikuti SKS yang telah diberikan, dan yang terpenting harus lulus.

Ketika saya kali pertama menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa, yang dirasakan adalah tentunya agak kaget melihat lingkungan kampus jauh berbeda dengan lingkungan sekolah. 

Kalau semasa sekolah kita masih bisa dibiayai oleh orang tua, menjadi mahasiswa adalah kebalikannya. Kita dituntut memenuhi kebutuhan-kebutuhan perkuliahan tersebut secara mandiri, walaupun memang orang tua biasa masih memberikan kita sedikit dana.

Pasti kamu pernah merasakan betapa tidak enaknya kita meminta uang lagi sama orang tua. Pernah, kan? Kalau pernah, kita sepemikiran. 

cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula

Lah, kalau kita bekerja sambil kuliah, lantas apakah tidak kesulitan mengatur waktu antara kuliah dan pekerjaan?

Untungnya, kemudahan yang terjadi sekarang menjadi peluang emas bagi kita untuk mendulang rupiah hanya dari internet. Tidak percaya?

Data menunjukkan bahwa pengguna internet yang ada di dunia mencapai 4,95 miliar orang per tahun 2022. Hal itu melonjak signifikan dari tahun 2012 yang masih berjumlah 2,18 miliar pengguna internet.

data pengguna internet tahun 2022
Pengguna internet dunia sepanjang tahun (Sumber: Katadata.co.id)

Bagaimana dengan Indonesia itu sendiri? Apakah juga sudah banyak yang menggunakan akses internet?

Per tahun 2022, Indonesia sudah mencapai 204,7 juta pengguna internet. Sejak 2021 lalu hingga 2022, jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 1-2 juta orang. 

Hal ini membuktikan bahwa mencari penghasilan sudah bisa dilakukan melalui internet. Masih tidak percaya?

Laporan dari Data Reportal menunjukkan bahwa dari 204,7 juta pengguna internet tersebut, mereka menghabiskan waktu selama 8 jam 36 menit berselancar di dunia maya.

73,7% penduduk Indonesia tersebut lebih banyak mengakses internet melalui ponsel. Terbukti dengan banyaknya orang yang menggunakan ponsel untuk eksis di media sosial, seperti yang sering kita lihat saat ini.

pengguna internet indonesia 2022
Pengguna internet di Indonesia tahun 2022 (Sumber: Datareportal.com)

Dan yang lebih menariknya lagi, dari total populasi penduduk Indonesia, sebanyak 19,9% orang mengakses internet untuk menghasilkan uang dengan penghasilan rata-rata sebanyak USD 3,20 perhari atau kalau dirupiahkan menjadi 47.875 Rupiah perhari.

Nikmat mana lagi yang kamu dustakan? 

Mumpung masih sedikit orang yang menyadari kalau di internet juga bisa menjadi ladang penghasilan, kamu bisa ambil peluang emas tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

pengguna internet indonesia 2022
Penggunaan akses internet di Indonesia (Sumber: Datareportal.com)

Apa Saja yang Menghasilkan Uang dari Internet?

Setelah mengetahui fakta-fakta di atas, selanjutnya perlu diketahui sumber penghasilan tambahan yang bisa kamu peroleh dari internet. 

Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan dari internet. Namun, saya akan menjabarkan lima di antaranya yang lebih relevan dengan mahasiswa.

1. Mengikuti program afiliasi

Mendengar kata afiliasi pasti membuatmu terpikirkan sesuatu. Eits eits… bukan afiliasi yang bisa bikin berurusan dengan hukum itu, ya. Jadi harap tenang dan jangan gegabah.

Kamu bisa mendapatkan uang tambahan di internet dengan program afiliasi. Program afiliasi adalah salah satu cara mendapatan penghasilan tambahan dengan mengajak orang menggunakan produk dari penyedia yang kita ajak kerjasama.

Biasanya, metode ini menggunakan sebuah link referal yang ketika orang lain mengunjungi dan melakukan transaksi, komisi akan diterima sebanyak beberapa persen dari harga produk tersebut.

Sudah paham sampai di sini? Belum? 

Dulu saya juga pernah menerapkan cara ini ketika masih semester 3. Pada saat itu saya mendaftar program afilliate salah satu perusahaan, lalu saya mendapatkan sebuah link dan banner untuk ditawarkan.

Ketika ada orang yang tertarik dan melakukan pendaftaran, maka secara otomatis komisi akan masuk ke rekening. Saya memasang banner dan link tersebut di salah satu blog saya. Namun, kamu juga bisa menggunakan strategi lain untuk mendapatkan target.

2. Buka kursus atau les online

Cara ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa-jiwa pendidik. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini mendapatkan uang tambahan dari internet dengan membuka kursus atau les online.

Walaupun sekarang anak sekolah sudah mengikuti pembelajaran tatap muka, kamu tetap bisa melakukannya.

Salah satu alasannya adalah lebih praktis dari pada capek-capek pergi yang jarak rumahnya mungkin sangat jauh. Jadi, ambillah peluang ini sebelum banyak yang melakukannya.

Kalau punya bakat bahasa Inggris, kamu bisa membuka les privat bahasa Inggris secara daring. Demikian pula dengan kamu yang memilliki minat di pelajaran-pelajaran lain.

3. Blogging dan jadi penulis lepas

Selain itu, blogging dan menulis lepas bisa menjadi alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. 

Belakangan ini mulai banyak bermunculan blogger-blogger yang membuat tulisan kemudian mendaftarkan blognya di situs penyedia iklan, seperti Adsense.

Peluang ini juga bisa kamu terapkan jika memiliki minat di bidang tulis menulis. Ada banyak platform blog yang bisa kamu gunakan. 

Namun, yang menjadi rekomendasi adalah Blogger.com dan Wordpress. Keduanya menjadi platform yang paling banyak diminati di Indonesia.

Penghasilan dari blog biasanya didapat dari iklan Adsense atau penyedia iklan lainnya. Kamu juga bisa membuka guest post, sponsored post (tulisan bersponsor), dan mengikuti lomba blog.

Kamu juga bisa menjadi penulis lepas. Caranya adalah membuka jasa penulisan konten untuk orang lain. 

Saya juga pernah menjadi penulis lepas di salah satu media online di Indonesia. Cara mendapatkan penghasilannya adalah dengan menulis konten sesuai dengan target yang ditentukan.

4. Jadi kreator konten (content creator)

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Orang-orang banyak menggunakan internet untuk mengakses media sosial. 

Dengan banyaknya orang yang mempunyai media sosial, kamu bisa mengambil peluang tersebut dengan menjadi kreator konten. 

Misal, di Instagram kamu bisa menjadi influencer dengan membuat konten di media tersebut. Dari follower yang diperoleh, vendor-vendor akan menghubungimu untuk melakukan endorse.

Kalau di YouTube, kamu bisa membuat video-video hiburan. Sama seperti blog, YouTube juga bisa didaftarkan di Google Adsense. Pasti semua sudah tahu yang satu ini.

Dibutuhkan kerja keras untuk metode yang satu ini. Sebab, tidak mudah mendapatkan impresi dari orang lain, apalagi kalau mereka tidak suka sama konten yang dibuat. 

Namun, kalau berhasil, justru akan semakin memudahkan untuk mendapatkan uang tambahan dari internet.

5. Berjualan online

Berjualan online sudah tidak asing lagi bagi kamu yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan dari internet.

Ada banyak produk yang bisa dijual secara online. Kamu bisa mendaftar di salah satu market place seperti “si hijau” atau “si oren” yang itu. 

Adapun barang yang dijual bisa bermacam-macam seperti buku bekas atau barang-barang lainnya. Penghasilan bisa didapatkan dari keuntungan yang diperoleh dari total penjualan.

Banyak teman saya yang melakukan cara ini saat awal-awal Covid-19. Mereka mengambil peluang tersebut untuk mendulang rupiah dari internet.

Kalau teman saya menggunakan barang, saya sendiri lebih suka menawarkan jasa kepada orang lain.

menghasilkan uang dari internet

Mungkinkah Kita Bisa Mendapatkan Uang dalam 1 Hari?

Sekarang timbul pertanyaan seperti yang di atas. Apakah mungkin bisa mendapatkan penghasilan dari internet hanya dalam satu hari?

Semuanya bergantung pada kamu yang mungkin punya strategi brilian mendapatkan uang dalam satu hari. Mungkin kamu punya trik yang tidak saya jelaskan sebelumnya. 

Hal tersebut bisa tercapai jika kamu melakukannya dengan serius. Semangat mendapatkan uang tambahan dari internet terkadang naik dan turun. 

Oleh karena itu, lakukan dengan giat dan jangan pernah kendor karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Hal itu juga pernah saya alami, tetapi syukurlah saya bisa mendapatkannya saat ini.

Intinya yakin saja sama apa yang ada dalam diri. Jangan minder sama orang lain yang menurutmu lebih baik. Yakinkan diri bahwa kamu adalah yang terbaik.

Apakah Cari Uang di Internet Efektif bagi Mahasiswa?

Kembali lagi ke pernyataan awal, mencari uang di internet sangat efektif bagi mahasiswa. Hanya perlu modal internet, kamu sudah bisa menghasilkan.

Manfaatkan peluang emas tersebut sebelum semuanya menjadi penyesalan.

Sebab, nasi yang telanjur menjadi bubur sudah tidak bisa digoreng.

Jadi, jangan sia-siakan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak menghasilkan.

MyRepublic Berikan Solusi #PaketInternetTerbaik untuk Cari Uang Tambahan

Namanya juga cari uang tambahan dari internet, pasti sangat dibutuhkan #paketinternetterbaik untuk menunjang hal tersebut. Kan tidak lucu kalau mau cari uang di internet tapi tidak punya paket internet. 

Solusi yang tepat bagi kamu yang ingin mencari uang tambahan dari internet adalah dengan menggunakan #paketinternetrumah MyRepublic.

#paketinternetterbaik MyRepublic akan membuktikan bahwa internet cepat bukanlah mitos. MyRepublic bahkan menawarkan kecepatan internet hingga 500Mbps.

Jadi, kamu tidak perlu takut kehilangan peluang penghasilan hanya karena kecepatan akses internet yang menurun.

Kamu juga tidak perlu takut dengan pembatasan penggunaan kuota. MyRepublic justru Memberikan Paket Internet Rumah dengan kecepatan stabil tanpa batas.

Yang lebih menarik lagi, paket internet MyRepublic memiliki teknologi fiber optik sehingga kamu tetap bisa puas browsing tanpa terganggu cuaca buruk sekalipun. Serius!

Dan yang paling penting, Paket Internet MyRepublic sangat ramah dompet. Memang cocok bagi mahasiswa yang butuh paket internet tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Sehingga sangat menunjang kegiatan cari uang di internet dengan modal minim.

paket internet terbaik myrepublic

Terus, bagaimana caranya agar bisa memiliki #paketinternetrumah MyRepublic?

Tak perlu bingung, sekarang ada Jaringan Prima yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membayar tagihan internet dan Paid TV MyRepublic.

#jaringanprima sekarang sudah tersebar di berbagai kota seluruh Indonesia, yaitu Bali, Bandung, Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Jakarta, Malang, Medan, Makassar, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, dan Tangerang.

Kamu bisa juga mengunjungi Sales POP #jaringanprima untuk mengetahui lebih lanjut produk #paketinternetrumah MyRepublic secara langsung.

Oleh karena itu, kamu akan akan merasakan #paketinternetterbaik MyRepublik dan #mudahpakaiprima untuk menunjang kebutuhan internet kamu yang ingin mendapat penghasilan tambahan.


Sumber: 
myrepublic.co.id
www.jaringanprima.co.id 
katadata.co.id
datareportal.com
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Andius W
    Andius W 25/7/22 11:51

    Sulit dan bukannya tidak mungkin.

    • Zul Fitrah Ramadhan
      Zul Fitrah Ramadhan 31/7/22 16:10

      Betul. Tidak ada salahnya kita mencoba walaupun kelihatannya agak sulit.

Add Comment
comment url