Review FF9 (Final Fantasy IX), Game RPG yang Sama Sekali Gak Ngebosenin

Review FF9 (Final Fantasy IX) - Bagi kamu yang suka dengan game RPG pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini.

Semua game besutan Square ini memang tidak pernah mengecewakan pemainnya. Sebab, game tersebut memiliki karakteristik yang tidak dimiliki game-game RPG lainnya.

Kita ambil contoh dari segi story-nya. Siapa sih yang tidak kagum sama cerita dari seri Final Fantasy ini. Kalau menurut saya game ini memang pantas dinobatkan sebagai game yang tidak perrnah bikin orang ngantuk.

Mungkin bagi kamu yang sudah pernah mainin game FF9 (Final Fantasy IX) ingin melihat seperti apasih game yang pernah dimainkan ini. Sehingga kamu singgah di blog ini untuk melihat review Final Fantasy IX.

Atau bagi kamu yang penasaran dengan game Final Fantasy IX, mungkin ingin melihat seperti apa keseruan yang ada dalam game tersebut.

 

review-game-ff9

Tanpa berlama-lama, berikut saya sajikan review game Final Fantasy IX berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya memainkan game ini.

Informasi Dasar Game Final Fantasy IX

Judul: Final Fantasy IX
Developer: Square
Publisher: Square
Rilis: Tahun 2000
Platform: Playstation 1, Playstation 4, Nintendo Switch, Android, iOS, PC
Genre: RPG

Sinopsis Game Final Fantasy IX

Game Final Fantasy IX bercerita tentang sebuah kerajaan di benua Gaia yang bernama Alexandria. Kerajaan tersebut berada di tengah konflik antarkerajaan sehingga ratu kerajaan tersebut harus mengambil langkah untuk memperkuat kerajaannya tersebut.

Di sisi lain, putri kerajaan Alexandria, putri Garnet sudah tidak tahan dengan kelakuan ibunya yang membuat ia semakin  terkurung dengan keadaan.

Sehingga ia memutuskan untuk melarikan diri dari kerajaan Alexandria dengan tujuan mencari kehidupan yang lebih baik.

Namun, secara bersamaan Zidane dan kawannya memiliki rencana untuk menculik Putri Garnet. Mereka akan mengadakan sebuah pertunjukan teater untuk bisa masuk di kerajaan Alexandria.

Di tengah rencana penculikannya itu, Zidane justru bingung dengan perilaku Putri Garnet. Ia justru ingin segera diculik karena tidak tahan terkurung di kerajaan itu.

Dari sini perualangan Zidane dan kawan-kawannya dimulai. Seperti apakah petualangan mereka? Yang belum main, silakan download gamenya. Saya jamin kamu bakalan tertarik sama game satu ini.

Oh iya, game ini sudah tersedia versi Final Fantasy 9 Remastered. Jadi, bagi kamu yang ingin bernostalgia sekaligus ingin merasakan sensasi baru bermain game Final Fantasy 9, kamu bisa bermain di berbagai platform-platform yang lebih baru yang sudah disebutkan.

Gameplay Final Fantasy IX

Sama seperti seri Final Fantasy sebelumnya, game Final Fantasy IX menggunakan sistem ATB (Active Time Battle). Sistem ini sangat berbeda dengan game RPG lainnya yang biasa menggunakan sistem turn based atau sistem bergiliran.

Namun, yang menjadi perbedaan antara game Final Fantasy IX dengan game seri Final Fantasy lainnya adalah sistem grinding ability-nya.

Ability adalah skill atau kekuatan yang dikumpulkan dari level pemain. Kamu pasti pernah dengar istilah Materia di game Final Fantasy VII. Nah, kurang lebih seperti itu, tapi di game FF9, “materia” tersebut didapatkan dari item/armor/accessories dan poin exp dan AP yang diperoleh setiap level naik.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti posisi dan mengubah karakter sesuai keinginan. Kalau saya biasa suka ganti posisi karakter supaya masing-masing karakter bisa mencapai level yang sama-sama tinggi.

Visual dan Gaya Final Fantasy IX

Kalau dari segi visual, game Final Fantaty IX tidak terlalu beda dengan dua game seri Final Fantasy sebelumnya (FF VII dan FF VIII).

Ya, tiga game seri Final Fantasy terakhir ini adalah game dengan visual 3D pertama setelah game Final Fantasy VI yang masih dalam bentuk 2D atau gaya top-down.

Namun, pada game Final Fantasy IX satu ini kalau saya lihat agak lebih baik grafiknya dibanding sebelum-sebelumnya. Karakter-karakternya kelihatan lebih halus. Apalagi saat battle-nya, saya suka waktu salah satu karakter menunjukkan kekuatan, terasa halus sekali pergerakannya.

Review Game Final Fantasy IX

Penilaian Pribadi

Berikut adalah penilaian pribadi saya terhadap game Final Fantasy IX. Sebelum saya memberikan penilaian, saya mau kasih tau kalau penilaian ini sifatnya hanya pribadi (kelihatan dari subjudulnya).

Jadi, kalau misal ada yang berbeda pendapat, kita bisa diskusikan lewat kolom komentar  yang ada di bawah.

Kebutuhan/kenyamanan bermain

Nilai: 88

Alasan: Saya suka game ini karena bisa dimainkan dengan santai, tapi harus sediit hati-hati karena setiap langkah pasti saya selalu dibikin kaget waktu counter enemy-nya tiba-tiba muncul.

Kesan pertama

Nilai: 100

Alasan: Saya suka sekali sama openingnya yang tidak monoton. Terasa sangar epik jadi kesan pertama saya sama game ini pasti kagumlah.

Pesan yang bisa dipetik

Nilai: 90

Alasan: Dari game ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa sejauh apapun kita berlari pasti masalah tidak kunjung berhenti. Itu yang saya tangkap dari game Final Fantasy IX.

Keseluruhan

Nilai keseluruhan: A (sangat direkomendasikan)

Konklusi

Game ini saya sangat rekomendasikan bagi kamu yang suka dengan game RPG degan cerita yang tidak membosankan. Waktu saya main ini game rasanya kayak baru sebentar tapi ternyata sudah berjam-jam (saya main ini waktu hari libur, ya. Bukan hari kerja atau sekolah).

Apalagi ceritanya bukan cuma tentang kerajaan saja, tapi ada juga sisi komedi dan romantisnya. Yang cewek-cewek saya sarankan juga untuk main game ini.

Kalau kamu penasaran sama game ini, kamu bisa download di Play Store atau App Store jika ingin bermain di versi Android dan iOS.

Namun, kamu juga bisa dapatkan rom gamenya di situs-situs rom game kalau mau main yang versi PS1. Kamu bisa pakai emulator Duckstation.

Demikian review game Final Fantasy IX dari saya. Kalau ada saran dan masukan, kamu bisa coret-coret di kolom komentar di bawah. Nanti kita bisa diskusi bareng. Terima kasih sudah mampir.***

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url